Tahapan Kampanye

Pemilu Anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota

demo1_1

Jenis Logistik

Pemilu Serentak 2019

demo1_1

Partai Politik Peserta Pemilu 2019

Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilu 2019

demo1_1

Daftar Pemilih

Jenis-Jenis Daftar Pemilu Pemilu 2019

demo1_1

KPU Kabupaten Sarolangun Siap Melayani Permohonan Informasi Publik Secara Terbuka dan Transparan

demo1_1

Relawan Demokrasi Kabupaten Sarolangun Dibimtek dan Diberikan Pembekalan

Senin, 28 Januari 2019 | 21:19:52 WIB | Dibaca: 427 Kali


Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Kabupaten Sarolangun

Sarolangun, kpu-sarolangunkab.go.id - Sebanyak 55 Relawan Demokrasi (relasi) dari 10 basis atau segmen sosialisasi di berikan bimbingan teknis (bimtek) dan pembekalan dalam rangka orientasi tugas Sabtu dan minggu (26-27/1/2019). Bertempat di Ruang Pola Kantor Bappeda Sarolangun, bimtek diawali dengan penyematan baju, topi dan rompi relasi oleh ketua KPU Kabupaten Sarolangun beserta segenap anggota KPU Sarolangun.

Dalam sambutannya Ketua KPU Sarolangun Muhammad Fakhri mengatakan relasi merupakan perpanjangan tangan dari KPU dalam melakukan sosialisasi mengenai pemilu 2019 kepada masyarakat. Relasi yang terbentuk merupakan perpaduan dari komunitas, organisasi, dan masyarakat umum yang memiliki kepedulian terhadap keberlangsungan demokrasi di Indonesia.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. Selain itu relasi juga bertujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat umum terhadap proses demokrasi. Karena saat ini banyak bertebaran hoax atau berita bohong yang mendeskreditkan penyelenggara seakan-akan berat sebelah. Diharapkan dengan kehadiran relasi ini dapat menjelaskan kepada masyarakat karena mereka bersentuhan langsung", jelas Fakhri.

Hal senada diungkapkan anggota KPU Sarolangun divisi partisipasi masyarakat Ibrahim. Ia mengatakan peran relasi adalah sebagai mitra KPU dalam menjalankan agenda-agenda sosialisasi dan diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Bimtek relasi yang berlangsung dua hari tersebut menghadirkan dua narasumber berpengalaman. Di hari pertama narasumber di isi oleh Desi Arianto yang merupakan mantan anggota KPU Sarolangun dua periode dan mantan anggota KPU Provinsi Jambi. Materi yang disajikan adalah tentang pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi.

Dihari ke dua narasumber yang dihadirkan adalah Bahren Nurdin yang memberikan materi mengenai hypno-communication sekaligus memberikan sugesti dan motivasi kepada relasi agar mau melaksanakan sosialisasi secara maksimal. Bahren Nurdin sendiri merupakan Sekretaris Jendral Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD) Republik Indonesia.

Peserta atau relasi yang mengikuti bimtek terlihat sangat antusias. Dalam bimtek juga dilakukan simulasi public speaking, yel-yel dan games-games ice breaking menarik bagi para peserta. (amj)

Komentar Facebook

Berita Terkini

View Indeks